perbank-an nasional

Bank yang ada sekarang diseluruh negara-negara islam pada umumnya berinteraksi dengan riba, bahkan didirikan berdasarkan riba 100%. jadi, berinterkasi dengannnya tidak boleh kecuali pada hal-hal yang diperbolehkan karena alasan darurat, misalnya transfer uang dari satu negara ke negara lainnya. berangkat dari sinilah, saudara saudaraku yang saleh dari kaum muslimin harus mendirikan Bank Islam yang jauh dari riba dan bersih dari interaksi dengannnya.

Bagaimana bentuk bank islam yang diusulkan didirikan? misalnya, beberpa ikhwah (saudara-saudara) kaum muslimin di salah satu negeri berkumpul dan sepakat mendirikan "tabungan jama'ah.untuk mengelola tabungan tersebut, mereka memilih salah satu dari mereka yang bisa menjaga uang, manage-nya dan menjalankannya.tugas tabungan jama'ah teringkas dalam point point berikut:



  1. Menerima titipan (menjaga titipan saudara2nya) tanpa kompensasiMeminjamkan, yaitu meminjamkan sejumlah uang kepada kaum muslimin yang besarnya sesuai dengan jumlah gaji mereka tanpa bunga.

  2. Terjun di cocok tanam, perdagangan, pembangungan, dan industri.jadi tabungan tersebut, memberi saham pada usaha usaha yang mendatangkan keuntungan baginya.

  3. Membantu transfer uang kaum muslimin dari satu negeri ke negeri lain tanpa biaya, jika mempunyai cabang di negeri yang menjadi tujuan transfer.Disetiap permulaan tahun, tabungan di total, kemudian keuntungannya dibagi bagikan kepada pemilik saham sesuai dengan jumlah saham mereka ditabungan tersebut.

No comments:

Pages