Menelusuri Jejak Pengirim E-mail

diambil dari blog-nya om suherman - Mugi -

Menelusuri Jejak Pengirim E-mail

Pernah dapat email yang berisi Ancaman atau penghinaan namun menggunakan nama samaran ?

Jangan takut or putus asa, sesungguhnya setiap email yang dikirim itu meninggalkan jejak elektronik yang bisa ditelusuri. dengan memanfaatkan email header, maka anda dapat dengan cepat mengidentifikasi dari mana sipengirim email mengirim email. Email header fungsinya ini mirip dengan “envelopes” yang berisi informasi-informasi singkat mengenai si pengirim.

Berikut ini Saya contohkan bagaimana melihat email header di Microsoft Outlook Express. pertama bukalah email yang ada pada Microsoft Outlook Express, lalu klik file –> Properties

imageMaka selanjutnya anda akan dapat melihat langsung kode email header pada email yang anda sedang baca, seperti contoh berikut :

image

Maka dari header tersebut anda dapat mendapatkan informasi dari mulai email tersebut dikirim, alamat server smtp nya sampai pada email anda.

Bagaimana dengan yang tidak menggunakan Microsoft Outlook Express ? seperti Hotmail or Yahoo Mail ?

Saya akan contohkan yang menggunakan Yahoo Mail, pertama bukalah pesan email anda, kemudian pesan yang anda ingin lakukan penelusuran jejak, perhatikan bagian kanan bawah pojok email tersebut, klik link yang bertuliskan “Full Header” seperti gambar berikut :

image

Maka akan muncul header lengkap dari email tersebut seperti berikut :

image

Lalu sorot semua headers tersebut lalu Copy, setelah itu arahkan browser Internet Explorer anda ke http://www.ip-adress.com/trace_email/ lalu paste headers tersebut di web ini, seperti gambar berikut :

image

Lalu tekan tombol “Trace Email Sender”, maka web tersebut akan memberitahu anda dari mana email tersebut dikirim. seperti gambar berikut :

imageDemikian semoga bermanfaat

No comments:

Pages